Subscribe:

Pages

Menurut Anda, Bagaimana prospek pengembangan agribisnis jamur tiram di kota Medan??

Mengenai Saya

Jujur, adil, setia, kerja keras, semangat

Pengikut

Rabu, 05 Oktober 2011

Produk Olahan Jamur Tiram

Sebagai bahan konsumsi.
Jamur Tiram Putih dapat diolah sebagai Sup Jamur, Soto Jamur, Pepes Jamur, Oseng-oseng Jamur, Jamur Crispy, Kripik Jamur, Mie Jamur, Sate Jamur, dikeringkan dan dikalengkan. Jamur Tiram kalengan sudah banyak di jual di Carefour, di luar Indonesia Jamur Tiram disebut dengan Abalone Mushroom. Jamur Tiram kalengan ini produksi negara Thailand dan diimpor ke Indonesia dengan merk Hand Brand. Harganya cukup mahal yaitu Rp. 18,400 per kaleng kecil.
Sup Krim Jamur
Jamur Tiram Nugget! Ya Nugget ini memang terbuat dari Jamur, rasanya hampir sama dengan ayam, tetapi kelebihan Nugget ini tidak mengandung kolesterol.
Di Bandung dan Malang Nugget jenis ini sudah banyak diperdagangkan. Pernah seorang pembaca yang terkejut karena kelezatannya ketika berkunjung ke rumah tantenya dan disuguhkan Nugget Jamur Tiram Putih. Di Malang sudah ada pabrik pembuat Nugget Jamur Tiram Putih, yaitu Agaricus Sido Makmur Sentosa atau singkatnnya ASIMAS.

Bahkan saat ini sudah tersedia mesin pembuat kripik secara modern, yaitu Vacuum Frying. Vacuum Frying pertama kali digunakan pada tahun 2002 oleh Harvest Bay, produsen makanan dari USA. Vacuum Frying ini mampu mengolah berbagai jenis sayuran dan buah-buahan menjadi kripik dengan kadar kekeringan yang bisa kita atur, tanpa merubah warna dan rasa. Saat ini sudah banyak yang menjual mesin ini di Indonesia. Tersedia kapasitas mulai 1,5 kilo sampai 40 kilo. Contoh hasil dari mesin ini yang banyak beredar adalah keripik nangka.

Sate Jamur mungkin anda belum pernah merasakannya. Saat ini belum banyak yang membuat sate jenis ini. Sejumlah murid Sekolah Pertanian Pembangunan Negeri Pelaihari, Kalimantan Selatan berinisiatif mencoba membuat Sate Jamur. Di bawah ini videonya hasil liputan TV setempat:
Sebagai Ground Powder.
Ground Powder adalah hasil dari pengeringan kemudian digiling menjadi halus. Ground Powder ini bisa sebagai campuran bahan makanan atau minuman lain. Contohnya sebagai campuran makan Nugget atau minuman Teh Herbal.

Sebagai Powder Extract.
Powder Extract adalah hasil dari proses perendaman , penyaringan, pemekatan dengan evaporator dan terakhir disemprot dengan uap panas dengan menggunakan mesin Spray Dryer. Di Cina hasil extract Jamur Tiram Putih banyak diperdagangkan

kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar